Laman

Saturday, January 21, 2012

Moneyball (2011)


Sutradara : Bennett Miller

Pemeran : Brad Pitt, Robin Wright, Jonah Hill, Philip Seymour Hoffman

Baseball merupakan termasuk olahraga favorit masyarakat Amerika Serikat selain Basketball dan American Football. Moneyball merupakan salah satu film yang mempunyai tema tentang Baseball, tetapi cerita film ini justru lebih fokus pada konflik yang berada di tim Oakland Athletics. Brad Pitt yang berperan sebagai General Manager Billy Bean pada tim Oakland Athletics sedang mencari beberapa pemain untuk bergabung di musim kompetisi yang baru tetapi kendala yang ia hadapi adalah bagaimana cara mencari pemain bagus dengan bujet yang sedikit. Perkenalannya dengan bekas asisten tim lawan bernama Peter Brand (Jonah Hill) yang merupakan lulusan mahasiswa ekonomi Universitas Yale. Peter membantu Billy dalam menghadapi problema seputar transfer jual beli pemain dan data performa para pemain dengan menggunakan metode statistika.
Konflik dan alur yang terjadi antara hubungan Billy dengan anak perempuannya, tim yang diasuhnya serta pelatih Oakland Athletics yang dipecatnya semakin mewarnai film ini. Tentu saja film ini juga menampilkan adegan-adegan pertandingan baseball dan yang ada satu hal yang menarik bahwa Billy Bean tidak pernah menyaksikan dari dekat ketika timnya sedang bertanding, ia hanya menyaksikan timnya bertanding melalui televisi. 
Film Moneyball merupakan salah satu film bertema olahraga terbaik. Seingat saya pada 2011 tidak ada film bertema olahraga yang dibuat karena Hollywood sedang gencar dengan program meremake film lama dan membuat seluel/prekuel. Film ini dapat mengobati dahaga penonton yang menyukai film-film bertema olahraga.

Quotes :
Billy Beane : You get on base, we win. You don't, we lose. And I *hate* losing, Chavy. I *hate* it. I hate losing more than I even wanna win.

Peter Brand : It's about getting things down to one number. Using the stats the way we read them, we'll find value in players that no one else can see. People are overlooked for a variety of biased reasons and perceived flaws. Age, appearance, personality. Bill James and mathematics cut straight through that. Billy, of the 20,000 notable players for us to consider, I believe that there is a championship team of twenty-five people that we can afford, because everyone else in baseball undervalues them.

1 comment:

  1. Saya juga suka film ini, kebetulan saya ada koleksinya, silahkan kunjungi blog saya :D
    Moneyball [ 2011 USA BrRip 720p YIFY Audio English Subtitle English, Indonesia 810 MB ]

    http://bioskop21free.blogspot.com/2014/10/moneyball-2011-usa-brrip-720p-yify-810.html

    Koleksi juga: 500 Film Terbaik Sepanjang Masa

    ReplyDelete