Laman

Monday, December 19, 2011

Cowboys & Aliens (2011)


Sutradara : Jon Favreau

Pemeran : Daniel Craig, Harrison Ford, Olivia Wilde, Sam Rockwell, Noah Ringer, Paul Dano

Setelah sukses dengan film Iron Man 2 (2010) Jon Favreau kembali membuat film dengan adaptasi dari graphic novel berjudul sama karangan Scott Mitchell Rosenberg. Cowboys & Aliens merupakan film yang bergenre Sci-Fi tapi bersetting ala Western. 
Jack Lonergan (Daniel Craig) tersadar dari pingsannya dan berada di tengah-tengah padang pasir. Dia mengalami luka dan tidak ingat dengan apapun. Sebuah alat berupa gelang besi tampak mengelilingi pergelangan tangannya. Setelah mengalami pertikaian dengan beberapa orang yang ingin menangkapnya, Jack kemudian pergi mengunjungi kota terdekat.
Di kota terdekat ini akan ada pengenalan karakter-karakter lainnya seperti Ella Swenson (Olivia Wilde), Doc (Sam Rockwell) sang pemilik bar, Percy Dolarhyde (Paul Dano) anak dari veteran perang Kolonel Woodrow Dolarhyde, Emmett Taggart (Noah Ringer) dan sebagainya. Akibat mencegah tindakan semena-mena Percy kepada penduduk setempat, Jack kemudian dijebloskan ke penjara oleh Sheriff kota tersebut. Mengetahui anaknya dikurung, Woodrow Dolarhyde (Harrison Ford) kemudian bergerak menuju kota tersebut untuk membebaskan anaknya.
Dimulailah inti cerita tentang kemunculan alien secara mendadak. Ketika mereka sedang berada di tengah kota, tiba-tiba muncul segerombolan pesawat alien yang menembaki mereka. Beberapa penduduk kota diculik oleh alien termasuk istrinya Doc, Percy dan kakeknya Emmett. Ketika penyerangan alien sedang berlangsung, gelang yang mengelilingi lengan Jake kemudian mengeluarkan bunyi. Dengan rasa penasaran Jake  mencari tahu penyebab bunyi tersebut dan akhirnya dia mengetahui kalau gelang tersebut dapat berfungsi untuk menembak. Dan keluarlah Jake dari kereta kuda dan menembak salah satu pesawat alien tersebut. Setelah itu sisa pesawat alien yang ada pun menghilang sambil membawa tawanan penduduk kota. Dan cerita pun berlanjut dengan rencana penduduk kota yang akan mencari teman-teman mereka yang diculik alien serta misteri hilang ingatan Jake Lonergan serta siapa sebenarnya Ella Swenson.
Dengan bergaya western dibalut sci-fi, film ini lumayan menghibur meskipun menurut saya tidak terlalu istimewa. Tapi efek yang dihasilkan untuk membuat adegan-adegan dan pemunculan makhluk serta pesawat alien cukup bagus dan rapi. Disamping itu Cowboys & Aliens juga menghadirkan suku Indian dalam membantu misi Jake dan kawan-kawan. Meskipun tidak terlalu bersinar di pendapatan box office, saya rasa film ini cukup untuk memanjakan mata apabila ingin melihat film bertema western dan sci-fi yang digabung menjadi satu.

Quotes :
Meacham : Whether you end up in Heaven or Hell isn't God's plan, it's your own. You just have to remember what it is.

No comments:

Post a Comment