Laman

Friday, December 16, 2011

Mission Impossible : Ghost Protocol (2011)


Sutradara : Brad Bird

Pemeran : Tom Cruise, Jeremy Renner, Paula Patton, Simon Pegg, Lea Seydoux, Michael Nyqvist, Anil Kapoor, Josh Holloway

Sebagai film action, Mission Impossible merupakan salah satu dari sekian banyak film action yang termasuk sukses. Film yang diadaptasi dari serial TV berjudul sama sudah memasuki seri ke 4. Seri pertama sendiri muncul tahun 1996 dibesut oleh Brian De Palma. Berlanjut ke seri 2 yang dibesut oleh John Woo pada tahun 2000 dan seri ke 3 oleh JJ Abrams pada tahun 2006. Di akhir tahun 2011 ini hadir seri ke 4 nya berjudul Ghost Protocol yang disutradarai pembuat The Incredibles dan Ratatouille sutradara Brad Bird. Mission Impossible : Ghost Protocol merupakan debut Brad Bird untuk kategori film live action. Sebelumnya dia sudah berkarya dibagian film animasi bersama Pixar. 
Cerita di Mission Impossible : Ghost Protocol ini adalah tentang IMF yang ditutup operasinya oleh pemerintah karena kejadian bom Kremlin. Penyebabnya adalah Ethan Hunt (Tom Cruise) dan kawan-kawan dituduh sebagai dalang pengeboman gedung Kremlin di Rusia. Ghost Protocol sendiri adalah nama kode untuk penutupan operasi IMF. Apabila diduga tindakan IMF membahayai negara maka sandi Ghost Protocol akan dilakukan. Seluruh operasi, markas dan agen IMF tidak akan diakui oleh pemerintah Amerika Serikat. Untuk mengembalikan kondisi IMF dan membersihkan namanya, Ethan mencari dalang tersebut. 
Ternyata ada pihak ke 3 yang ingin memulai peluncuran nuklir di Rusia dan akan membuat negara-negara di dunia saling berperang menggunakan nuklir. Dalang dari aksi tersebut adalah Kurt Hendricks (Michael Nyqvist). Hendricks sendiri yang memasang bom di gedung Kremlin dan penyelidikan kepolisian Rusia mengarah kepada Ethan Hunt. Dengan dibantu oleh Jane (Paula Patton), Brandt (Jeremy Renner) dan Benji (Simon Pegg) Ethan mencari Hendricks untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya dan mencegah agar tidak terjadinya peluncuran nuklir yang dapat membuat perang dunia ke 3. 
Salah satu yang menarik dari Mission Impossible adalah kerjasama tim dan peralatan canggih yang mereka gunakan. Dan jangan lupakan ciri khas dari film ini adalah alat untuk membuat imitasi wajah. Sutradara Brad Bird termasuk piawai dalam menciptakan adegan aksi di seri ini. Tingkah laku Benji yang lucu semakin menambah kemeriahan dalam film. Sederet artis seperti Paula Patton dan Jeremy Renner bermain cukup baik. Dan ada juga cameo dari Tom Wilkinson sebagai sekretaris IMF, Anil Kapoor serta Ving Rhames dan Michelle Monaghan pada akhir film. 
Dengan durasi sepanjang 113 menit, film ini cukup mampu menjaga intensitas penonton untuk mengikuti dari awal sampai akhir. Dan ada beberapa kejutan yang muncul sehingga film tidak berjalan monoton dan menyajikan aksi para pemainnya. Meskipun sudah cukup berumur Tom Cruise masih mampu melakukan adegan aksi yang cukup berbahaya. Pemandangan yang menarik dari India dan terutama menara Burj Khalifa Dubai semakin menambah warna film tersebut. Dan yang pasti adalah Mission Impossible : Ghost Protocol cukup menghibur dan jangan ketinggalan untuk menyaksikan di bioskop-bioskop terdekat di kota anda.

No comments:

Post a Comment